oleh

Humor Gus Dur Dilarang Jimak di Masjidil Haram Bikin Raja Arab Ngakak

Ibu Negara RI ke-4 Shinta Nuriyah tetap mengenang perilaku sang suami, KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur semasa hidupnya. Bertemu para kepala negara tidak membuat Gus Dur berubah formal, justru ia bisa mengubah suasana pertemuan kian menyenangkan.

Raja Arab Saudi salah satu pimpinan negara yang pernah dibuat tertawa oleh Gus Dur. Sampai-sampai Gus Dur disurati oleh perwakilan rakyat Arab Saudi yang menanyakan apa yang diucapkan di sehingga rakyat melihat mimik pimpinannya yang tak pernah mengumbar tawa malah tergelak.

banner 300x250

Shinta Nuriyah pun membuka pembicaraan almarhum suaminya dengan Raja Arab Saudi.

“Gus Dur melaporkan kepada Raja kalau rakyat Indonesia banyak yang pintar berbahasa Arab. Bahasa Arab yang dikuasai adalah bahasa Arab kitab, bukan bahasa sehari-hari,” ungkap Shinta.

Raja yang penasaran kemudian bertanya alasannya.

Gus Dur menjawab, “Ada rombongan jamaah haji Indonesia tiba di sebuah ruangan di Masjidil Haram dan membaca tulisan mamnu’uddukhul yang berarti dilarang masuk.”

Ternyata jamaah tersebut menafsirkan berbeda. Sepengetahuannya, mamnu’uddukhul versi kitab fikih berarti dilarang bersetubuh. Ia pun berkomentar, “Orang Arab keterlaluan. Masak melakukan hal seperti itu di tempat suci seperti ini?!”

Kagetlah Raja Arab mendengar lelucon tadi sembari tertawa terbahak-bahak.

*Diadaptasi dari buku Humor Para Kiai: Menebar Tawa Menuai Hikmah karya Chalis Anwar

(ful)