oleh

Tingkat Penyebaran Virus Corona di Jakarta Turun Drastis, tapi…

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mengungkapkan angka penularan virus corona (Covid-19) mulai menurun dari Maret hingga Mei 2020.

Pada Maret 2020 reproduction number (R0) DKI Jakarta menunjukan angka 4. Ini artinya satu orang dapat menularkan virus ke empat orang lain. Angka tersebut menurun menjadi 1,11 pada 14 Mei 2020.

banner 300x250

Meskipun demikian Anies berharap bahwa Jakarta mampu menurut angka R0 di bawah angka 1.

“Idaelnya itu di bawah satu. Kalau satu orang itu artinya satu orang masih bisa menularkan kesatu orang. Angka ini turun berkat kerjasama kita dan 60 persen yang berada di rumah ini bisa dilakukan dengan kerjasama kolosal kita,” kata Anies melalui tayangan di iNews TV, Selasa (19/5/2020).

Baca Juga: PSBB DKI Jakarta Diperpanjang hingga 4 Juni 2020

Untuk mencapai angka di bahwa 1 tersebut Anies mengimbau masyarakat untuk tetap berada di rumah dan menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan.

“Di bulan mei, jumlah (orang ke luar rumah) mengalami peningkatan kembali seperti kita mengalami gelombang kedua. Kita ketat disiang hari tapi sore dan malam keluar. Jika kita ingin menuntaskan ini kita harus berada dirumah saja baik pagi, siang, sore dan malam. Jika ingin terus menurunkan angka kasuas. Harapanya jakarta akan kembali normal dan menurun, “ kata Anies.

Ia juga berencana untuk memperpanjang aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada 22 Mei hingga 4 Juni 2020. “Kami akan memperpanjang PSBB dari 22 Mei hingga 4 Juni 2020, saya harap jadi penghabisan,” ujar Anies

(kha)

Sumber : okezone.com