oleh

Pemko Pekanbaru Imbau ASN Berseragam Melayu Mulai 16 Juni

PEKANBARU – Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mengimbau Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mengenakan pakaian Melayu untuk memperingati hari jadi Kota Pekanbaru ke-236 tahun.

Sesuai dengan Surat Edaran (SE) walikota nomor 004/PAN/-HJP/VI/2020 tertanggal 9 Juni 2020, ASN mengenakan pakaian Melayu tersebut mulai 16 Juni hingga 23 Juni 2020.

banner 300x250

“SE ini juga ditujukan kepada pimpinan lembaga instansi pemerintah, direksi BUMN/BUMD dan kantor swasta, kepala OPD, pimpinan kantor swasta asosiasi pengusaha, pimpinan media cetak elektronik, pimpinan perguruan tinggi, kepala sekolah, pengelola pusat perbelanjaan, camat dan lurah se-Kota Pekanbaru,” ujar Ketua Panitia Hari Jadi Kota Pekanbaru ke-236 Indra Pomi Nasution, Jumat (12/6/2020).

Selain itu, untuk lebih memeriahkan HUT ke-236 Kota Pekanbaru di tengah pandemi Covid-19 tahun ini, setiap kantor atau instansi di lingkungan Pemko Pekanbaru, pemerintah provinsi, instansi vertikal, dan swasta, perguruan tinggi dan sekolah untuk memasang umbul-umbul dilingkungan kantornya masing-masing.

“Untuk logo dan tema HUT ke-236 Pekanbaru dapat diakses melalui laman https://pekanbaru.go.id/p/news/logo-hut-pekanbaru-ke-236,” jelasnya.

Sementara itu, untuk lebih menyemarakkan hari jadi Pekanbaru ini, Indra mengatakan akan ada berbagai perlombaan yang bisa diikuti oleh masyarakat. Diantaranya lomba RW siaga yang akan diikuti oleh perwakilan RW dari setiap kelurahan, kemudian lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam rangka kewaspadaan Covid-19, dan lomba membuat video pendek berdurasi 2-4 menit untuk kategori ASN bertemakan kegiatan-kegiatan inovasi yang ada di OPD masing-masing terhitung tahun 2012 hingga 2020.

Selain itu, lomba video pendek ini juga bisa diikuti oleh masyarakat, dengan tema kesiapan menghadapi new normal life. Dimana masyarakat menunjukkan bagaiman kesiapannya dalam menerepakan protokol kesehatan ya g ditetapkan untuk mencegah penularan virus Corona.

“Jadi, ditengah pandemi Covid-19 saat ini, “Bersempena Hari Jadi Kota Pekanbaru Ke-236, Kita Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap Covid-19 dan Menuju Smart City Madani” menjadi tema acara HUT Ke-236 Kota Pekanbaru,” ujar Indra, Rabu (10/6/2020).

Selanjutnya, Pemko Pekanbaru juga merancang perlombaan penerapan protokol kesehatan antar organisasi perangkat daerah (OPD), sekolah, kantor-kantor pemerintah, pasar, maupun di Masjid Paripurna se-Kota Pekanbaru. Lomba ini juga bertujuan agar sosialisasi Perilaku Hidup Baru (PHB) dan protokol kesehatan dapat lebih disampaikan kepada masyarakat.

“Kita juga akan menggelar festival lampu hias, kita minta kantor pemerintahan dan swasta yang berada di sepanjang jalan Sudirman untuk membuat lampu hias. Agar Kota kita terlihat cantik di hari ulang tahunnya, dan nanti akan ditinjau oleh Muspida dan diberikan piagam penghargaan bagi pemenang,” lanjutnya.

Tak hanya bagi masyarakat umum dan ASN, perlombaan juga diadakan bagi pelajar ditingkat SD, SMP, dan SMA Kota Pekanbaru. Seperti lomba puisi, cerpen, dan Mading. Hadiah bagi para pemenang lomba akan diserahkan pada hari puncak hari jadi Pekanbaru ke-236.

“Puncaknya akan dipusatkan di perkantoran walikota di Tenayan Raya pada 23 Juni mendatang,”pungkasnya.