oleh

Pakai Dosis Lebih Kecil, Obat Covid-19 Buatan Indonesia Diklaim Lebih Ampuh

KABAR baik bagi masyarakat Indonesia, Peneliti Universitas Airlangga Surabaya, Jawa Timur, bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Intelejen Nasional (BIN) berhasil menemukan obat Covid-19.

Obat tersebut merupakan jenis obat regimen kombinasi yang sudah melalui tahap penelitian yang cukup panjang. Namun, sampai saat ini obat Covid-19 tersebut masih belum bisa dibeli publik.

banner 300x250

Diterangkan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Stem Cell Unair Dr. dr. Purwati, SpPD, K-PTI, FINASIM, obat kombinasi ini memiliki manfaat yang lebih baik daripada dosis tunggalnya.

“Obat ini memiliki efektivitas yang bagus dalam daya bunuh virus tersebut. Selain itu, dosis yang dipakai lebih kecil, 1/5 dan 1/3 daripada obat tunggal, sehingga mengurangi toksisitas obat tersebut dalam sel tubuh yang sehat,” papar dr Purwati di konferensi pers BNPB, Jakarta, Jumat (12/6/2020).

Tidak hanya itu, obat regimen kombinasi ini diketahui bisa benar-benar membunuh seluruh virus corona (dari hasil penelitian hasilnya tidak terdeteksi virus dalam tubuh). Dengan begitu, obat ini bisa memutus mata rantai penularan.

Perlu Anda ketahui, 5 obat kombinasi yang berhasil diciptakan Unair bekerja sama dengan BNPB dan BIN ialah:

1. Lopinavir-Ritonavir Azitromisin

2. Lopinavir-Ritonavir Doxycycline

3. Lopinavir-Ritonavir Klaritomisin

4. Hydroxychloroquine dan Azitromisin

5. Hydroxychloroquine dan Doxycycline

(mrt)

Sumber : okezone.com