oleh

KPU Bengkalis Aktifkan PPK dan PPS setelah Non Aktif 3 bulan

inforiau.ID (Bengkalis) Hari ini Senin (15/6/2020), setelah non aktif hampir tiga bulan akibat pandemi Covid-19, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkalis, kembali mengaktifkan seluruh badan adhock yakni Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis 2020.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bengkalis, Feri Herlinda menjelaskan “pengaktifan kembali para PPK dan PPS menindaklanjuti Surat KPU RI nomor 441/PL.02-SD/01/KPU/VI/2020 tertanggal 12 Juni 2020.

banner 300x250

Dalam surat tersebut KPU RI memerintahkan KPU kabupaten/kota yang melaksanakan pemilihan mengaktifkan kembali PPK dan PPS untuk Pilkada 2020”. Ujar Feri Herlinda melalui pesan WA kepada redaksi.

Setelah diaktifkan kembali para PPK serta PPS, sudah bisa bekerja kembali. Termasuk PPS yang pelantikannya tertunda beberapa waktu yang lalu akibat Covid 19.

Pelantikan PPS tidak dilakukan dengan cara prosesi sebagaimana biasanya, dikarenakan adanya protokol kesehatan.

Feri Herlinda yang membidangi divisi SDM menambahkan “mekanisme pelantikan PPS se Kabupaten Bengkalis dengan cara menyerahkan salinan surat keputusan pengangkatan anggota PPS kepada masing masing anggota PPS terpilih melalui anggota PPK setiap Kecamatan dan disampaikan secara elektronik melalui media komunikasi yang tersedia dalam bentuk soft file”.

Di Kabupaten Bengkalis, untuk PPK ada sebanyak 55 orang yang tersebar di 11 Kecamatan dan PPS sebanyak 465 yang berada di 165 Kelurahan/Desa.

Sebagaimana diketahui sebelumnya berdasarkan PKPU Nomor 5 tahun 2020 terkait tahapan program dan jadwal pemilihan kepala daerah serentak, pemungutan suara akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020.