oleh

Banda Aceh Gempa, BMKG Imbau Masyarakat Tenang & Jauhi Bangunan Retak

JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk tetap tenang menyusul terjadinya gempa Magnitudo 5,5 di Banda Aceh, Aceh pada Senin (13/7/2020) sekira pukul 07.58 WIB. Kemudian, diimbau untuk tidak terpengaruh isu liar.

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono melalui keterangan tertulis.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 5,5 Guncang Banda Aceh, Tak Berpotensi Tsunami 

Ditambahkan Rahmat, masyarakat harus memastikan informasi yang diterimanya dari kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi. Di sisi lain, masyarakat juga diimbau agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” katanya.

Gempa bumi yang mengguncang Banda Aceh memiliki parameter update dengan magnitudo 5,4 (sebelumnya diinformasikan 5,5). Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 5,12 LU dan 94,32 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 120 km arah Barat Daya Kota Banda Aceh, Aceh pada kedalaman 34 km.

(Ari)

Sumber : okezone.com