oleh

DLHK Pekanbaru Minta RW Setempat Dukung Petugas Layani Pemukiman Warga

PEKANBARU – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru meminta agar ketua RT/RW setempat mendukung petugas kebersihan memasuki lingkungan warga untuk melayani pengangkutan sampah. Terutama di lingkungan yang jelas dapat dijangkau oleh mobil petugas.

“Misalnya di Kecamatan Bina Widya, itu rata-rata wilayahnya bisa dijangkau oleh mobil kita. Maka RW nya harus dukung kami masuk melayani,” ujar Plt DLHK Kota Pekanbaru, Selasa (14/9/2021).

banner 300x250

Ia menjelaskan, jika langsung dilayani oleh DLHK Kota Pekanbaru, maka beban masyarakat hanya membayar uang retribusi kepada DLHK Pekanbaru. Besaran retribusi tersebut dibagi menjadi 3 kelas.

“Retribusi itukan, ada yang untuk kelas 1 dengan kisaran tipe rumah 50 ke bawah, pungutan retribusinya Rp5.000. Kelas 2 untuk tipe rumah 50-100 dengan pungutan retribusinya Rp7.000. Sedangkan kelas 3 untuk tipe rumah 100 keatas dengan pungutan retribusinya Rp10.000,” jelasnya.

Sementara itu, bagi lingkungan yang belum dapat dijangkau oleh petugas DLHK Kota Pekanbaru, warga atau swadaya dapat berpartisipasi. Caranya adalah dengan menjadi sub unit mitra yang resmi bekerjasama dengan DLHK Pekanbaru.

“Mereka juga harus ada rekomendasi dari RW. Kemudian, silahkan setor retribusi untuk keuangan daerah,” pungkasnya.