Pungutan Parkir di Alfamart dan Indomaret Untungkan Pedagang Kecil

Riau38 Dilihat

PEKANBARU – Pengamat Kebijakan Publik Universitas Riau, Khairul Amri M Si menilai kebijakan pungutan parkir di Indomaret atau Alfamart merupakan bentuk dukungan pemerintah terhadap pedagang-pedagang kecil di Kota Pekanbaru.

Pemerintah Kota Pekanbaru, katanya, merupakan pihak yang paling bertanggung jawab soal urusan-urusan publik di Kota Pekanbaru, termasuk persoalan parkir yang selama ini menjadi keluhan masyarakat.

banner 300x250

Kebijakan pungutan parkir di Alfamart atau Indomaret, menurutnya, tentu tidak dikeluarkan begitu saja oleh pemerintah. Dia menilai, Pemko sudah memiliki kalkulasi sehingga dampak dari kebijakan ini pada akhirnya berpihak bagi masyarakat pedagang kecil.

“Saya masih berpikir positif, artinya kita melihat di sini Pemerintah Kota Pekanbaru sudah peduli terhadap pedagang kecil menengah kita, pasti akan ada pertimbangan-pertimbangan ketika ditetapkan bahwa di ritel tersebut juga harus dipungut biaya perkirnya. Sehingga konsumen yang selama ini belanja Indomaret sekarang belanja di masyarakat kita pedagang kecil,” ujarnya, Minggu (19/9/2021).

Pun begitu, Khairul juga meminta Pemerintah Kota Pekanbaru untuk lebih bijak dan berhati-hati saat mengeluarkan pernyataan terkait kebijakan yang telah dikeluarkan sebelumya, jangan sampai kebijakan ini menimbulkan polemik baru bagi masyarakat dan pihak lain di lapangan.

“Pemkot harus hati-hati. Terutama saat mengeluarkan statement terkait polemik ini jangan sampai nanti setelah diambil keputusan ternyata yang tetap diikuti kebijakan yang sebelumnya. Sementara masyarakat dan pihak yang berkaitan dengan polemik ini malah bersinggungan di lapangan,” tuturnya.

Dia menyarankan Pemko untuk benar-benar konsisten terhadap peraturan yang telah mereka buat. Dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat, sehingga polemik seperti ini tidak terjadi lagi.

#M244571ScriptRootC1191910 { min-height: 300px;text-align:center; display:block;margin:15px 0 }

“Keragu-raguan pemerintah kota pekanbaru justru akan menimbulkan polemik di lapangan, jika kebijakan perwako soal parkir berbayar di retail modern tersebut dilihat lebih menguntungkan pemerintah dan masyarakat kita, maka pemerintah jangan ragu untuk menjalankan kebijakan tersebut,” imbuhnya.

Dan yang juga perlu menjadi catatan untuk petugas parkir adalah, perlunya transparansi, sehingga kebijakan ini mampu membantu optimalisasi peningkatan PAD di Kota Pekanbaru, khususnya retribusi parkir di retail modern ini.