oleh

Sidak Terminal, Polisi Amankan Tiga Bus yang Dimodifikasi Jadi Matik

BANDUNG – Kapolda Jawa Barat Irjen Agung Budi Maryoto bersama jajaran Dishub Provinsi Jabar beserta POM Kodam III Siliwangi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Terminal Leuwipanjang, Kota Bandung. Sidak yang dilakukan ini untuk menyambut kesiapan libur panjang akhir tahun.

Dalam sidaknya tersebut ada tiga bus yang diamankan. Penahanan bus yang merupakan angkutan umum itu dikarenakan adanya modifikasi tanpa izin.

banner 300x250

“Tiga mobil bus disetop operasinya karena adanya perubahan. Kalau bus kan manual. Kalau ini ternyata diubah menjadi matik. Itu harus ada ketentuan uji tipe,” kata Agung, Minggu (17/12/2017).

(Baca: Jelang Akhir Tahun, Kepolisian Turut Sidak Pasar Pantau Ketersediaan Bahan Pokok)

Selanjutnya ketiga bus tersebut dilakukan pemeriksaan oleh Dishub Jabar. Pihak Dishub juga bakal memeriksa keadaan bus yang telah diubah-ubah itu.

“Saya perintahkan Krimsus cek asal-usul mesinnya. Jangan sampai masyarakat menjadi korban. Mumpung belum jalan, kita prefentif,” jelasnya.

Agung mengatakan, selain melakukan pemeriksaan angkutan umum, polisi bersama BNP dan Dinas Kesehatan juga memeriksa keadaan masyarakat serta sopir angkutan bus.

(Baca: Dilaporkan ke Bareskrim, Dirut PD Pasar Jaya: Saya Sudah Patuhi Anjuran Disnaker)

Hal itu guna mengantisipasi adanya sopir angkutan umum yang menggunakan narkoba saat membawa penumpang.

“Minggu depan kita sudah mulai libur panjang, yang pasti masyarakat kita dalam menggunakan transportasi pasti meningkat,” tukas Agung.

(han)