oleh

Kronologi 2 Harimau Bonbin Semarang Lepas dari Kandang

SEMARANG – Lepasnya dua harimau koleksi Semarang Zoo (Bonbin Mangkang) menggegerkan sejumlah pihak. Kedua binatang buas itu merupakan sepasang jantan dan betina dari jenis harimau benggala atau dalam istilah Latin, Panthera tigris bengalensis.

“Sekira pukul 08.38 WIB kami mendapat telepon dari drh Hendrik (Bonbin Mangkang) yang menginformasikan bahwa koleksi harimau benggalanya 2 ekor jantan dan betina terlepas dari kandangnya,” ujar Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah, Suharman, Rabu (5/12/2018).

banner 300x250

Baca:  Warga Heboh, Ada Harimau Sumatera Tersesat di Ruko

Baca: Imbas Gunung Lawu Terbakar, Macan Tutul Turun Gunung

Dalam percakapan telepon itu, drh Hendrik meminta bantuan untuk penanganan satwa dan penggunaan senapan bius dari BKSDA Jateng. Tak berselang lama, petugas BKSDA Jateng, yakni Heru Sunarko dan Rimbawanto langsung menuju Bonbin Mangkang dengan peralatan bius.

Foto: Okezone/Taufik Budi

“Sekira pukul 09.00 WIB setelah kami sampai di Bonbin telah siap personel polisi. Bonbin juga telah ditutup sehingga steril untuk pengunjung,” terangnya.

Personel BKSDA, polisi, dan pengelola Bonbin Mangkang kemudian berkoordinasi tentang upaya penanganan satwa harimau yang lepas. Upaya penjebakan dilakukan agar tak membahayakan gabungan petugas.

(fzy)

Sumber : okezone.com