oleh

Hindari Banjir, PU Tarukim Siak Siap Bantu Normalisasi Kanal di Pemukiman Warga

SIAK – Curah hujan yang cukup tinggi di wilayah Riau akhir-akhir ini membuat sebagian daerah terendam banjir. Untuk sebagian besar wilayah Kabupaten Siak masih terbilang masih aman jika drainase atau kanal di pemukiman warga tidak dipenuhi sampah.

Untuk kanal yang dipenuhi sampah sebaiknya rutin dibersihkan oleh warga setempat secara bergotong royong. Namun jika kondisinya cukup parah, Dinas PU Tarukim Siak akan melakukan normalisasi jika warga mengajukan permohonan.

banner 300x250

Kepala Dinas Pengairan Umum Tata Ruang Perumahan dan Pemukimana (PU Tarukim) Kabupaten Siak menjelaskan, saat ini sudah ada lima titik yang sedang dalam pengerjaan normalisasi irigasi.

“Kita sudah menerjunkan lima Excavator di lima tempat yaitu di Mempura, Islamic Center, Rawang Air Putih, Langkai dan di Kolam Hijau Buantan Besar untuk menguraikan genangan air. Sehingga, air itu tidak terlalu lama tergenang,” kata Irving kapada sejumlah wartawan.

Irving juga menegaskan apa yang disampaikan Bupati Siak. Yang mana pihak kecamatan diminta pro aktif dalam melakukan pengajuan proposal normalisasi di wilayahnya.

“Kita tidak mau ketika sudah banjir seprti ini camat baru sibuk. Karena ada jatah sekitar 201 Km untuk kegiatan normalisasi setiap tahunnya. Tinggal hitung ajalah dibagi 14 Kecamatan yang ada, makanya proposal tuh harus diserahkan ke kita jauh hari sebelumnya,” tegasnya.