oleh

Dimata Seorang Aktivis, Begini Sosok Calon Sekdaprov Riau Yan Prana Jaya

PEKANBARU – Dimata seorang aktivis penggiat lingkungan, sosok calon Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Yan Prana Jaya Indra Rasyid, dinilai memiliki kemampuan memimpin dan peduli terhadap lingkungan hidup.

Hal itu diungkapkan Johny Setiawan Mundung kepada GoRiau.com, Rabu (2/10/2019). Bagi dirinya dan sejumlah aktivis penggiat lingkungan hidup, Yan Prana Jaya sering berdiskusi dengan berbagai komponen.

banner 300x250

“Orangnya (Yan Prana Jaya, red) blak-blakan. Mudah berdiskusi dan tidak terlalu formal. Beliau bisa mendalami masalah lingkungan hidup di Provinsi Riau,” kata aktivis lingkungan yang akrab disapa Mundung dan pernah dinobatkan menjadi tokoh Tempo 2007 ini.

Menurutnya, ada masalah serius yang sangat prioritas diperbaiki, yakni tentang tata kelola lingkungan hidup, kehutanan dan perkebunan. Juga konflik agraria yang makin pelik dan rumit.

“Saya yakin, beliau mampu membantu Gubernur dan Wakil Gubernur Riau saat ini untuk memperbaiki segala permasalahan yang ada untuk Riau lebih baik. Beliau juga sering mencari solusi berbagai persoalan yang kompleks dan mampu menyelesaikan dengan baik,” ungkap Mundung yang juga Komisioner Komisi Informasi Daerah Riau.

Seorang Yan Prana Jaya, yang memiliki segudang prestasi ini, harus membuka sekat-sekat kebutuhan konunikasi dan membuka seluas-luasnya kran informasi di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

“Jika hal tersebut bisa dilakukan beliau, saya yakini beliau mampu mengatasi setiap permasalahan yanalg ada. Kuncinya, beliau harus membuka diri dan tak boleh anti kritik. Saya lihat, beliau memiliki kemampuan itu,” jelas Mundung.