oleh

3 Pilar Kecamatan Tenayan Raya Bersama Masyarakat Gelar Sosialisasi Covid-19

PEKANBARU – Gabungan Tiga Pilar Forkopimcam Tenayan Raya menggelar sosialisasi pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19, Minggu, (22/3/2020). Selain itu, kegiatan ini juga menggandeng beberapa perwakilan dari organisasi masyarakat.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, warga dihimbau untuk senantiasa menjaga kesehatan dan perilaku hidup bersih agar terhindar dari infeksi Corona. Warga juga diminta mengurangi aktivitas diluar rumah, dan tidak melakukan panic buying (membeli barang secara berlebihan dalam satu waktu, red) atau membeli kebutuhan secukupnya saja.

banner 300x250

“Kita melakukan sinergi ini untuk memutus mata rantai virus Corona agar tidak beredar di Tenayan Raya. Agenda ini adalah rangkaian dari upaya kita lainnya, seperti penyemprotan disinfektan untuk rumah ibadah, memberikan himbauan atau sosialisasi,” ujar Kapolsek Tenayan Raya, Muhammad Hanafi seusai kegiatan.

“Kita juga memberikan himbauan agar masyarakat tidak saling meresahkan masyarakat lainnya dengan informasi-informasi yang belum valid atau hoaks,” tegasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Camat Tenayan Raya, Indah Vidya Astuti dilokasi yang sama. Ia juga memaparkan selain di tempat ibadah, pihaknya juga melakukan penyemprotan di tempat publik, seperti di kantor camat, puskesmas dan meminta agar kantor layanan publik menyediakan tempat cuci tangan.

“Kita minta semua masyarakat waspada tanpa harus panik berlebihan, tetap jaga kebersihan, makan makanan bergizi dan cuci tangan. Kita berdoa semoga bencana ini cepat berlalunya,” tambahnya.

Lebih lanjut, Dan Pos Tenayan Raya, FH Siburian memaparkan sinergisitas antara TNI, Polri, dan Camat merupakan komitmen tiga pilar Kecamatan Tenayan Raya untuk mencegah penyebaran virus Corona. Ia juga mengatakan, pihaknya bersama masyarakat dan tokoh masyarakat akan terus bersinergi untuk mensosialisasikan pencegahan Covid-19 untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat.

“Di Tenayan Raya, kami juga sudah ke Rutan Kelas I Sialang Bungkuk untuk penyemprotan, kita juga sosialisasikan terus secara berkeliling, seperti saat ini,” paparnya.

Sementara itu, usai mensosialisasikan pencegahan penyebaran Covid-19, Tim gabungan Forkopimcam dan masyarakat ini juga melakukan penyemprotan di Masjid Paripurna Tangkerang Timur, yakni Masjid Jami’atun Najah.

“Kami sangat berterimakasih atas penyemprotan yang dilakukan di Masjid kami. Semoga dengan banyak upaya, selain upaya preventif yang pihak kami sendiri sudah lakukan, dapat mencegah penyebaran virus Corona,” papar Ketua Harian Masjid Paripurna, Aris Aruna.

Kemudian, salah satu tokoh masyarakat yang merupakan Pengelola Taman Wisata Alam Mayang, Riyono Gede Trisoko mengaku senang bersinergi dengan pemerintah, yakni Forkopimcam Tenayan Raya dalam upaya kemanusiaan mensosialisasikan pencegahan penyebaran virus Corona di Kota Pekanbaru, khususnya di Tenayan Raya.

Selain bersinergi bersama Forkopimcam Tenayan Raya mensosialisasikan pencegahan penyebaran virus Corona, Riyono mengatakan Alam Mayang juga turut berpartisipasi dengan mengadakan pemeriksaan kesehatan bagi pengunjung dilokasi wisata Alam Mayang, pembagian wedang jahe, dan bersinergi melakukan penyemprotan cairan disinfektan untuk semua wahana di Alam Mayang dan menyediakan tempat cuci tangan.

“Kita sangat berterimakasih dan senang bersinergi bersama pemerintah untuk melakukan upaya pencegahan Corona di lingkungan sekitar kita. Semoga dengan kegiatan sosialisasi dan sinergi bersama pemerintah ini, dapat meningkatkan kewaspadaan masyarakat untuk menjaga kesehatan dan terhindar dari virus Corona ini,” pungkasnya.