oleh

Batik Klasik dan Sederhana Jadi Favorit Ibu Negara Iriana Joko Widodo

IBU Negara Iriana Joko Widodo sangat menyukai wastra batik asli Indonesia. Ada banyak karakter yang disukainya, terutama batik klasik dari Solo.

Sejak lama, RI 3 itu menyukai kain batik yang menjadi identitas budaya Indonesia. Apalagi perempuan asli Solo itu mencintai hasil karya dari pengrajin dan desainer Tanah Air.

banner 300x250

Desainer Pribadinya, Tuty Adib, membeberkan selera batik yang disukai oleh perempuan yang setia mendampingi Presiden Joko Widodo itu. Tuty mengatakan, sejak lama, Iriana menyukai tampilan batik klasik nan elegan.

 BACA JUGA:

Busana Muslim yang Chic dan Sport

“Beliau menyukai karakter batik klasik yang sederhana, tapi tampilannya tetap elegan. Satu maestro batik yang disukai yakni Santosa Doellah,” ujar Tuty kepada Okezone, saat ditemui di Acara Press Conference Mahakarya Borobudur Indonesia Berkain di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Rabu (21/3/2018).

Maka tak heran, selama mendatang acara kenegaraan, Iriana sering tampil menggunakan wastra batik Danar Hadi. Sebab, ia sangat mengagumi pendirinya yang sudah tenar sejak era 1960-an.

Lebih lanjut, Tuty membeberkan, sejak dulu Iriana menyukai batik klasik dengan motif parang, sidoasih, dan beberapa koleksi kain kain batik tinggalan nenek moyang. Apalagi, perempuan 54 tahun itu lahir dan besar di Kota Solo, yang dikenal sebagai Kota Batik sejak dulu.

Tidak hanya Iriana, menurut Tuty, semua anggota keluarga Presiden RI ke-7 senang dengan segala jenis wastra warisan nenek moyang. Dia mencontohkan, ketika putri ke-2 Kahiyang Ayu, saat melaksanakan sesi foto pre-wedding menggunakan karya wastra batik dan tenun, hasil tangan pengrajin lokal.

“Kalau keluarganya juga suka dengan karya wastra khas Indonesia. Kemarin saat foto pre-wedding Mbak Ayang pakai tenun dan batik buatan pengrajin dan desainer lokal,” terangnya.

Saat ditanya soal tren busana atau wastra yang bakal dikenalkan oleh Iriana dalam waktu dekat, Tuty tidak menjawab detail. Dia hanya membocorkan bahwa Ibu Negara ke-7 tidak lama lagi akan mengenalkan budaya dan seni dalam bentuk wastra asli Indonesia.

 BACA JUGA:

Tren Kecantikan di Negara-Negara Ini Cukup Unik, Anda Lebih Suka yang Mana?

“Kalau 2018 mau kenalkan apa, yang jelas semua dalam koridor wastra Indonesia dan mengangkat seni budaya nenek moyang,” pungkasnya.

(dno)

Sumber : okezone.com