oleh

Antisipasi Wabah Corona, Ketua MPR Sarankan Warga Jakarta Tidak Mudik

JAKARTA – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyarankan agar masyarakat, khususnya warga DKI Jakarta tidak mudik pada musim lebaran tahun ini. Ia meminta agar masyarakat mempertimbangkan kembali jika sudah punya rencana mudik pada lebaran tahun ini.

Silaturahmi lebaran tahun ini, usul Bamsoet, bisa dilakukan dengan komunikasi jarak jauh lewat telepon selular alias handphone. Hal itu bisa dilakukan untuk sementara waktu pada lebaran tahun ini demi mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

banner 300x250

“Saya mengimbau agar masyarakat dapat mempertimbangkan kembali rencana mudik lebaran tahun 2020 dengan melakukan silaturahmi dan komunikasi jarak jauh untuk sementara waktu, demi meminimalisasi penularan virus corona,” kata Bamsoet kepada Okezone, Jumat (20/3/2020).

Jika terpaksa tetap harus melakukan perjalanan mudik, kata Bamsoet, maka masyarakat harus memastikan kesehatan diri terlebih dahulu dengan melakukan pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan penting dilakukan untuk meminimalisir virus corona.

“Hal itu, guna memastikan diri tidak terinfeksi virus sehingga tidak menularkan kepada orang lain,” ujarnya.

Baca Juga : Bima Arya Positif Corona, Wakil Wali Kota Bogor Imbau Warganya Kurangi Keluar Rumah

Tak hanya itu, Bamsoet juga mendorong pemerintah untuk dapat menyusun rencana cadangan bagi masyarakat dalam menghadapi musim mudik. Rencana itu diantaranya dengan mengatur jadwal keberangkatan dan penambahan moda angkutan lebaran agar tidak terjadi penumpukan orang.

“Hal itu, mengingat masa darurat bencana corona statusnya telah diperpanjang dari 29 Februari hingga 29 Mei 2020,” katanya.

(aky)