oleh

Pelantikan Pengprov Periode 2021-2025, Percasi Riau Diminta Lahirkan Pecatur Berprestasi

PEKANBARU – Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi), Grand Master (GM) Utut Adianto secara resmi melantik pengurus provinsi (Pengprov) Percasi Riau untuk periode 2021-2025 pada Sabtu, (18/9/2021).

Pelantikan ini dihadiri oleh Sekjen PB Percasi Henry Hendratno, Gubernur Riau Syamsuar, Wakil Ketua DPRD Riau Safarudin Poti, KONI Riau yang diwakili Bidang Organisasi, M Yunus, Pembina Catur Riau Ahmad Syah Harrofie, Bupati Pelalawan Zukri Misran, pengurus provinsi cabang olahraga, pengurus Percasi kabupaten/kota Se-Riau, KONI kabupaten/kota Se-Riau, beserta atlet.

banner 300x250

Dalam kesempatan melantik para pengurus, Ketua PB Percasi Utut Adianto berharap organisasi olahraga catur di Riau ini akan terus melahirkan pecatur handal dan berbakat. Sehingga, catur menjadi semakin digemari di Negeri Lancang Kuning.

Ia mencontohkan, sejumlah pecatur handal yang diharapkan akan menjadi teladan untuk calon-calon baru. Seperti GM H. Ardiansyah, MN Rahman Pasaribu, MN Edi Raya, termasuk 4 pecatur Riau yang akan bertanding di ajang PON Papua nanti, yakni MN Achmad Bacrtiar, MN Asrul Hidayat, MN Jhon Roy Damanik, serta MN Nelson Roganda.

“Membangun catur di Riau bukan pekerjaan mudah, perlu keseriusan dan kekompakan dari seluruh pengurus. Kami dari PB Percasi juga menitipkan peralatan catur berupa 5 papan catur, 5 jam catur dan papan demo. Selanjutnya kita akan mendatangkan pelatih catur dari Rusia untuk melatih atlet-atlet di Riau,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Riau Syamsuar juga menyampaikan harapannya, agar para pengurus dapat membawa nama Provinsi Riau hingga ke ajang internasional.

“Saya sangat senang sekali dan berharap Percasi Riau dapat menarik minat para generasi muda untuk menjadi atlet catur berprestasi yang mengharumkan nama Riau. Karena itu melalui pak Kordias, kita harapkan apa yang disampikan beliau prestasi Catur Riau di masa yang akan datang semakin meningkat,” jelasnya.

#M244571ScriptRootC1191910 { min-height: 300px;text-align:center; display:block;margin:15px 0 }

Harapan dari gubernur tersebut juga disambut dengan tekad dari Ketum Percasi Riau Kordias Pasaribu untuk meningkatkan kejayaan catur Riau.

“Kami akan mengerjakan semua apa yang telah kami ucapkan dalam sumpah tadi. Kami akan menjalankan sumpah dan ikrar yang kami ucapkan, dan kami juga siap membumikan catur di Provinsi Riau ini,” tegasnya.

Ia memaparkan, pecatur muda di Riau memiliki potensi besar. Potensi ini bisa digali dan dikembangkan dengan event-event serta mengikuti kejuraan untuk semakin mengasah kemampuan para pecatur daerah.

“Catur merupakan cabang olahraga yang berbeda dengan cabang lainnya. Jika cabang olahraga lain membutuhkan suplemen, protein dan kalori, akan tetapi catur membutuhkan kesenangan dan ketenangan,” paparnya.

Usai acara pelantikan juga digelar pertandingan catur simultan antara Grand Master Utut Adianto melawan 12 pecatur junior dari 12 kabupaten/kota di Riau. Selain itu juga dilakukan penyerahan bantuan peralatan catur oleh GM Utut Adianto kepada Percasi Riau. Seperti papan catur, jam catur, serta alat simulasi catur.